CINTA DI SEBUAH KAPAL

Oleh Mohamad Tohir
 
Titanic saat akan berangkat. Foto : capture of Titanic


TENTU YANG dimaksud adalah kapal besar yang pernah ada di muka bumi ini yang akhirnya tenggelam itu, Titanic. Kapal uap besar itu tumbang oleh kesombongannya pada laut yang menyimpan kemungkinan-kemungkinan di balik kedalamannya, samudra Atlantic. Tentang Titanic, saya dapat dari ilustrasi film luar biasa yang saya tonton saat masih kelas 5 SD dulu (setelah nonton film itu, saya belajar menggambar perempuan telanjang). Lama masanya saya mengira film ini tentang sekadar tontonan 'dewasa', sebelum kemudian menontonnya kembali 18 tahun setelah itu.
Titanic digarap oleh James Cameron (adalah juga yang menggarap The Terminator dan Avatar). Film inilah yang meroketkan Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet, tokoh utama dalam film ini. Titanic oleh Cameron digambarkan lebih dari sekadar kapal tenggelam dan perburuan berlian berharga berjuluk ‘jantung lautan’ yang hanyut bersama kapal itu. Titanic adalah sebuah kisah cinta dan dilemanya dalam pusaran borjuis vis a vis kaum papa. Titanic adalah ironi kelas sosial dalam kehidupan, pada sebuah kapal. Kelas 3 di dek bawah dan kelas 1 di dek atas dengan fasilitasnya yang memanjakan. Kelas 3 haram naik di dek atas, tidak sebaliknya. Kelas 3 bisa bersanding dengan kelas 1, adalah seperti dapat kentut malaikat (istilah dalam salah satu adegan film ini, saat Jack pertama kali melihat Rose).
Adalah Jack Dawson (Leonardo di Caprio), pria muda asal Irlandia yang energik, pelukis, pengembara, miskin dan hidup tak menentu. Dia beruntung bisa turut serta di keberangkatan perdana Titanic. Dia dapat tiket berlayar karena menang poker. Nasib baik bagi seorang papa adalah keberuntungan dan berkah yang luar biasa. “Saya mempunyai segalanya. Udara untuk bernapas. Kertas kosong untuk saya gambari. Saya lebih suka bangun pagi tanpa tahu apa yang akan terjadi, apa yang akan saya lakukan dan dimana saya akan berhenti,” katanya saat masuk di lingkaran borjuis yang memandangnya remeh.
Justru itulah yang mengundang keterpesonaan Rose Dewitt Bukater (Kate Winslet), perempuan cantik yang jadi korban utang ayahnya. Nasibnya telah ditentukan oleh cincin tunangannya dengan orang terkaya di kapal itu, Caleidon Hockley. Carl adalah putra pengeclaim berlian jantung lautan yang berupa kalung itu. Kalung itu dipersembahkannya pada Rose. Jantung lautan pernah dipakai oleh Raja Louis XIX tapi hilang.

Jack and Rose. Foto : capture of Titanic

Rose bosan hidup di tengah rutinitas yang nyaris tanpa kejutan dan tantangan. Orang-orang yang bicara seirama, minum-minum yang terjadwal, obrolan-obrolan tentang kekayaan dan uang baru, dan pikiran-pikiran yang sama. Dia menemukan hidup dalam diri dan pikiran Jack.
Rose gadis pintar lulusan universitas. Dia penyuka karya Claude Monet, pelukis empiris dari Perancis itu. Dia membawa koleksi lukisan itu bersamanya di Titanic. Dia juga pengagum pemikian Sigmund Freud, filsuf yang mengenalkan psikoanalisa itu. Lihatlah :
“Aku ingin menyampaikan ukurannya. Dan ukuran berarti stabilitas, kemewahan, dan terutama kekuatan,” kata penama kapal Titanic, Ismay.
“Apakah Anda kenal Dr. Freud Tuan Ismay. Pikirannya tentang kesukaan pria terhadap ukuran mungkin menarik bagi Anda,” olok Rose di sebuah perjamuan makan siang. Saat itu mereka tengah dialog tentang hebatnya Titanic.
Rose bertemu Jack ketika dia berusaha bunuh diri. Dia putus asa dengan hidup yang suram dan tanpa warna itu.
Dia tersentuh ketika menemukan Jack adalah pelukis jalanan yang peka terhadap manusia-manusia sebagai objek yang digambarnya.
Pertemuan hati keduanya membawa Jack masuk di lingkaran dek atas yang isinya kaum borjuis yang otomatis dia tidak diterima dan dianggap bagai cacing tanah. Cintalah yang mengaburkan batasan-batasan itu.
Kesombongan borjuis itu akhirnya ditertawakan oleh kedua insan dimabuk cinta itu. Juga oleh alam lewat laut yang sudah pasti menenggelamkan apa yang masuk di dalamnya. Titanic menyerempet gunungan es dan pecah bagian bawahnya. Mereka besar dan kuat tapi tak bisa belok cepat. Air meluber dalam kapal. Laut yang tenang itu menunjukkan keperkasaannya yang tak bisa dilawan oleh apapun. Semua orang sama di tengah tragedi itu. Siapapun tak lagi bisa memastikan apakah besok masih bisa makan sambel atau tidak.

Tenggelam dalam dua jam. Foto : capture of Titanic

Jack mati pada akhirnya, setelah berjuang hingga titik terakhir bersama Rose. Mereka mempertahankan hidup hingga Titanic benar-benar tenggelam. Perjuangan orang papa memang untuk sebuah kekalahan. Rose tetap hidup. Dia saksi keberadaan dan keluarbiasaan Jack. Jack yang tak terlupakan. Jack yang  mengerahkan segalanya hingga detik terakhir.
Yang penting kau telah melawan, Nak Nyo!
Saya jadi ingat kata-kata dalam dialog akhir roman agung Bumi Manusianya Pram itu, antara Nyi Ontosoroh dan Minke.
Cerita cinta di kapal besar itu diceritakan oleh Rose, 80 tahun kemudian, saat orang mencoba menelusuri tregedi itu kembali. Pada mulanya pencarian jantung lautan, tapi cerita Titanic bagi Rose adalah cerita cinta yang tak terlupakan. Cerita yang menjadi misteri sampai Rose mengungkapkannya. "Hati seorang wanita adalah lautan penuh misteri," kata Rose.

Bojonegoro, 21 Juli 2014

Posting Komentar

Páginas

 

Copyright © Sebatas Menengok | Powered by Blogger | Template by 54BLOGGER | Fixed by Free Blogger Templates